JALUR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T.A 2022/2023 GELOMBANG DINI

UNISRI Solo membuka beberapa jalur pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 diantaranya sebagai berikut:

1. Reguler Kelas Pagi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di UNISRI melalui jalur reguler dan mengambil jadwal kelas pagi. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama. Seluruh biaya perkuliahan normal.

2. Reguler Kelas Malam

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di UNISRI melalui jalur reguler dan mengambil jadwal kelas malam. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama. Seluruh biaya perkuliahan normal. Untuk program studi yang membuka kelas malam adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

3. Prestasi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang berprestasi. Baik prestasi akademis maupun non-akademis. Fasilitas yang didapat untuk calon mahasiswa yang memilih jalur ini adalah pengurangan biaya yaitu SPK sebesar 60% dan SPP pada semester 1 sebesar 40% jika mendaftar pada gelombang dini. Untuk Gelombang 1 pengurangan biaya SPK sebesar 40% dan SPP pada semester 1 sebesar 20%. Dan untuk Gelombang 2 hanya ada pengurangan biaya untuk SPK sebesar 20%. Calon mahasiswa hanya dapat memilih jadwal kelas pagi.

4. KIP-K Merdeka

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang kurang beruntung dalam segi ekonomi namun baik dalam segi akademis. Fasilitas yang akan didapatkan oleh calon mahasiswa KIP-K Merdeka adalah bebas biaya pendaftaran dan bebas biaya perkuliahan selama 8 semester dan mendapat uang saku tiap semesternya. Calon mahasiswa hanya dapat memilih jadwal kelas pagi. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT), Seleksi wawancara, dan juga Home Visit. Pendaftar jalur KIP-K Merdeka belum tentu diterima karena keterbatasan kuota dan banyaknya jumlah peminat.

5. BPMKM

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang berprestasi. Khususnya prestasi non-akademis (atlet). Fasilitas yang didapat untuk calon mahasiswa yang memilih jalur ini adalah bebas biaya SPP, SPK, dan SKS. Calon mahasiswa hanya dapat memilih jadwal kelas pagi. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT), Seleksi wawancara, dan juga Home Visit. Pendaftar jalur BPMKM belum tentu diterima karena keterbatasan kuota dan banyaknya jumlah peminat.

6. Sekolah Mitra Kelas Pagi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari sekolah mitra UNISRI yang ingin mengambil jadwal kelas pagi. Pembayaran biaya pendaftaran bisa dibayarkan di sekolahnya masing-masing. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama. Seluruh biaya perkuliahan normal.

7. Sekolah Mitra Kelas Malam

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari sekolah mitra UNISRI yang ingin mengambil jadwal kelas malam. Pembayaran biaya pendaftaran bisa dibayarkan di sekolahnya masing-masing. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama. Seluruh biaya perkuliahan normal. Untuk program studi yang membuka kelas malam adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

8. Keluarga Alumni Kelas Pagi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang memiliki keluarga inti (masih dalam satu KK) sebagai alumni dari UNISRI dan yang ingin mengambil jadwal kelas pagi. Fasilitas yang didapatkan adalah pengurangan biaya SPK sebesar Rp. 750.000,-. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama.

9. Keluarga Alumni Kelas Malam

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru yang memiliki keluarga inti (masih dalam satu KK) sebagai alumni dari UNISRI dan yang ingin mengambil jadwal kelas malam. Fasilitas yang didapatkan adalah pengurangan biaya SPK sebesar Rp. 750.000,-. Seleksi masuk adalah ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Apabila lulus, langsung dinyatakan diterima pada program studi pilihan pertama. Untuk program studi yang membuka kelas malam adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

10. Transfer/ Pindahan Kelas Reguler Pagi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain yang ingin mendaftar di UNISRI dan mengambil jadwal kelas pagi. Minimal harus sudah menempuh 2 semester di Perguruan Tinggi sebelumnya. Jalur ini tidak terdapat seleksi tes masuk, melainkan akan diganti dengan proses konversi nilai. Seluruh biaya perkuliahan normal.

11. Transfer/ Pindahan Kelas Malam

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain yang ingin mendaftar di UNISRI dan mengambil jadwal kelas malam. Minimal harus sudah menempuh 2 semester di Perguruan Tinggi sebelumnya. Jalur ini tidak terdapat seleksi tes masuk, melainkan akan diganti dengan proses konversi nilai. Seluruh biaya perkuliahan normal. Untuk program studi yang membuka kelas malam adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

12. Transfer/ Alih Jenjang Kelas Reguler Pagi

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa lulusan Diploma 2 atau Diploma 3 yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang Strata 1 di UNISRI dan mengambil jadwal kelas pagi. Jalur ini tidak terdapat seleksi tes masuk, melainkan akan diganti dengan proses konversi nilai. Seluruh biaya perkuliahan normal.

13. Transfer/ Alih Jenjang Kelas Malam

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa lulusan Diploma 2 atau Diploma 3 yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang Strata 1 di UNISRI dan mengambil jadwal kelas malam. Jalur ini tidak terdapat seleksi tes masuk, melainkan akan diganti dengan proses konversi nilai. Seluruh biaya perkuliahan normal. Untuk program studi yang membuka kelas malam adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

14. Pascasarjana/ S2

Diperuntukkan untuk calon mahasiswa lulusan Strata 1 yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang Strata 2 di UNISRI dan masuk pada semester ganjil.

**Pastikan anda memilih jalur masuk yang benar sesuai dengan yang anda inginkan. Karena jika sudah terlanjur mendaftar pada satu jalur maka tidak bisa untuk berpindah ke jalur yang lain, kecuali anda melakukan pendaftaran kembali.

6 Januari 2022, 14:06:57